BERIKUT INI ADALAH SILABUS YG AKAN KITA PELAJARI DI KELAS 7
SILABUS
Sekolah :
SMP Al Azhar 1 B. Lampung
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VII
Alokasi waktu : 5 Jam Pelajaran/Minggu
Tahun Pelajaran : 2020/2021
·
KI1 dan KI2 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak
di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat
ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hiduplain, dan benda-benda di
sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan pengamatannya
· Pengukuran
· Besaran Pokok dan turunan
· Satuan baku dan tak baku
|
· Mengamati diri sendiri dan teman, serta
benda-benda yang ada di sekitar untuk melihatciri-ciri
yang dapat diamati seperti tinggi badan,
warna rambut, warna kulit
· Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan
tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
· Mengumpulkaninformasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massajenis,
energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasilarutan, lajupertumbuhantanaman, dan lain-lain.
· Melakukanpercobaanmengukurbesaranpanjang, massa, danwaktumenggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk
mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
· Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan
alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2 Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda
di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
|
Klasifikasi
· Makhluk hidup dan benda tak hidup
· Ciri-ciri makhluk hidup
· Klasifikasimakhluk hidup
· Pengenalan mikroskop
|
· Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di
lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk
hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang
ada di lingkungan sekitar
· Mengumpulkaninformasimengenaiklasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang
diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan
animalia
· Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
|
3.3 Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsure dan senyawa),
sifatfisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
|
Zat dan Karakteristiknya
·
Zat Padat, Cair, dan Gas
·
Unsur, Senyawa, dan Campuran
·
Sifat fisika dank imia
·
Perubahan fisika dan kimia
|
· Mengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari
yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air
menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, makanan menjadi basi,
dll
· Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair,
dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
· Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam
menggunakan indikator buatan dan alami
· Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya
melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
· Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia
dalam kehidupan sehari-hari
danmendiskusi- kannya dengan teman
|
3.4 Memahami konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,
dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
|
Suhu dan Kalor
· Suhu
· Alat pengukur suhu
· Pemuaian
· Kalor
· Perpindahan kalor
· Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang
terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
· Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan
thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
· Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor
terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara
konduksi, konveksi, dan radiasi
· Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga
kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
· Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan
tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
|
3.5
Memahamikonsepenergi, berbagaisumberenergi,
danperubahanbentukenergidalamkehidupansehari-haritermasukfotosintesis
4.5.Menyajikan
hasilpercobaan tentangperubahanbentukenergitermasukfotosintesis
|
Energi
· Bentuk-bentukenergi
· Sumberenergi
· Perubahanbentukenergi
· Transformasienergidalamsel
· Fotosintesis
· Respirasi
|
· Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan
sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
· Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi
serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi
potensial dan energi kinetik melalui percobaan
· Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi
dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya
dengan berat badan
· Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi dan
percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis dan
mendiskusikannya dengan teman
|
3.6 Memahami system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
Sistem Organisasi Kehidupan
·
Sel
·
Jaringan
·
Organ
·
Sistem organ
·
Organisme
|
· Mengamati torso manusia atau organ tubuh bagian dalam
dari ikan/katak/burung/kadal
· Mengindetifikasi perbedaan antara sel, jaringan, organ,
dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui pengamatan mikroskopik dan
makroskopik
· Membuat model struktur sel hewan atau tumbuhan
menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan mendiskusikan
hasilnya
|
3.7
Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
Makhluk Hidup dan Lingkungan
· Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
· Dinamika populasi
|
· Mengamati ekosistem buatan berupa akuarium atau kolam
ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta interaksi yang
terjadi di dalamnya
· Melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi komponen
abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar serta interaksi yang
terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan
simbiosis
· Melakukan percobaan pertumbuhan populasi terhadap
ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi lingkungan
· Membuat laporan hasil percobaan interaksi antara
komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi dan
mendiskusi-kannya dengan teman.
|
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran
di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
|
Pencemaran Lingkungan
·
Pencemaran udara
·
Pencemaran air
·
Pencemaran tanah
·
Dampak pencemaran bagi ekosistem
|
· Mengamati berbagai pencemaran dilingkungan sekitar
· Mengumpulkan informasi serta menganalisis penyebab dan
dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi ekosistem, merumuskan
masalah serta mengajukan penyelesaian
masalahnya
· Membuat laporan tentang penyelesaian masalah pencemaran
yang terjadi di lingkungan sekitar
|
3.9 Memahami perubahan iklim dan dam paknyabagiekosistem
4.9
Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/ Penanggulangan masalah perubahan iklim
|
Perubahan Iklim
· Penyebab terjadinya perubahan iklim
· Dampak perubahan iklim bagi ekosistem
|
· Mengamati tayangan tentang dampak perubahan iklim
· Mengumpulkan informasi mengenai proses dan dampak
terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem
· Mengajukan gagasan tentang penanggulangan masalah
perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan
gagasannya untuk ditanggapi temannya
|
3.10 Memahami
lapisanbumi, gunungapi, gempabumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, padasaat, dan pasca bencana sesuaiancamanbencana
di daerahnya
4.10
Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam s erta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana
di daerahnya
|
Lapisan Bumi danB encana
· Lapisan bumi
· Gunung api
· Gempa bumi dan tsunami
· Tindakan tanggap bencana
|
· Mengamati tayangan atau model lapisan bumi
· Mengumpulkan informasi mengenai lapisan bumi dan
mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami
· Menyajikan hasil studi literatur tentang penanggulangan
resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi
· Berlatih tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi
bencana alam
|
3.11
Memahamisistemtatasurya, rotasidanrevolusibumidanbulan,
sertadampaknyabagikehidupan di bumi
4.11
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagikehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatanataupenelusuran berbagaisumberinformasi
|
Tata Surya
· Sistemtatasurya
· Karakteristikanggotatatasurya
· Mataharisebagaibintang
· Dampakrotasidanrevolusibumibagikehidupan di bumi
· Gerhanabulandanmatahari
· Terjadinyapasangsurut
|
· Mengamati model sistem tata surya
· Mendiskusikan orbit planet
· Mengidentifikasi karakteristik anggota tata surya serta
dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan
· Mensimulasikan terjadinya siang dan malam, fase-fase
bulan dan proses terjadinya gerhana
· Mengumpulkan informasi mengenai gerhana bulan dan
matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
· Membuat laporan tertulis tentang dampak rotasi dan
revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan mendiskusikannya dengan teman
|
Asslamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya chelsy azzahra zahira
Kelas 7C
Terima kasih
Assalamualaikum wr.wb.
ReplyDeletePerkenalkan nama saya Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan saya dari kelas 7c
Terimakasih.
Assalamualaikum wr.wb.
ReplyDeletePerkenalkan nama saya Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan saya dari kelas 7c
Terimakasih.
Assalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya Muhammad Rizal
Kelas 7.c salam kenal ya pak guru
Arya pak
ReplyDeleteAssalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya m. Arya faresta putra
Asal dari sd 2 beringin raya
Tempat tinggal jl raden imba kesuma no33 kemiling raya bandar lampung
Asalamuaikum
ReplyDeletePerekanalkan nma sya Rizqyna azzahra
Asal dari Sdn 2 Harapan jya
Tempat tinggal jalan aliran 3 wayhuwi
Asalamuaikum
ReplyDeletePerekanalkan nma sya Rizqyna azzahra
Asal dari Sdn 2 Harapan jya
Tempat tinggal jalan aliran 3 wayhuwi
Assalamualaikum
ReplyDeleteperkenalkan nama saya Fatih firaas
Asal SD SDN 8 gedong air
Alamat rumah saya jalan Pagar Alam gang ulangan 5 bandar Lampung
Assalamualaikum
ReplyDeletePerkenal kan nma syaa rizqyna azzahra siswi kls 7 A
Asal SD syaa Sdn2HarapanJya
Alamat rumah sya jln aliran 3Wayhuwi
assalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya hendy. Pratama
Sala sd : SDN 2 gunung terang
Tempat tinggal jl m. Ali kemiling no.114 bandar lampung
Assalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya Choirima Wardah Asal SD = SDN 1 SEGALAMIDER
Tempat tinggal jl. Sisingamangaraja Bandar Lampung Kelas = 7.a
Assalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya ahmad nasrullah ichwanuddin
Asal sd:sdn 1 rawa laut
Tempat tinggal jalan iman bonjol gg.laksana nomor. 19
Assalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya Vika aulia
Asal sd mima 7labuhan ratu
pat tinggal di nyunyai dalam
Assalamualaikum
ReplyDeletePerkenalkan nama saya Vika aulia
Asal sd mima 7labuhan ratu
pat tinggal di nyunyai dalam
Assalaamu'alaikum wrwb. Apa khabar anak-anak 7A...? Semoga hari ini dan seterusnya kalian selalu sehat dan tetap semangat untuk belajar...! Hari ini kita belajar tentang penyelidikan IPA, bagi yg sudah nonton vidio dan membaca ringkasan materi, silahkan dijawab pertanyaannya...!
ReplyDelete