Monday, May 31, 2021

KISI-KISI PAT IPA KLS 7

 Senin, 31 Mei 2021

Kelas : 7A, 7B, 7C

Mapel   IPA

Assalaamu'alaikum wrwb. 

Siswa/siswi yang dirahmati Allooh, marilah kita senantiasa bersyukur atas segala karunia yang Allooh berikan kepada kita hari ini. Jangan lupa selalu menjaga keistiqomahan kita dalam beribadah, jaga kesehatan, selalu berfikir positif, dan tetap semangat..

Hari ini bapak bagikan kisi-kisi penilaian akhir tahun , silahkan dipelajari dan dipersiapkan jawaban atas pertanyaan yang akan muncul sesuai dengan kisi-kisi tersebut. Jangan lupa komentarnya sebagai bukti kehadiran kalian hari ini... 




KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

MATA PELAJARAN                        : IPA

KELAS/SEMESTER             : VII /GENAP

KURIKULUM                        : 2013

BENTUK SOAL                    : PILIHAN JAMAK

 

 

Kompetensi Dasar

 

Materi pokok

Indikator Soal

No soal

Level Kognitif

3.6  Memahami sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel

 Sistem Organisasi   

 Kehidupan

·           Sel Sebagai Unit Struktur dan Organisasi Kehidupan

·           Jaringan jaringan pada sel

·           Organ Organ pada hewan dan tumbuhan

·           Sistem Organ dan Organisme

 

Disajikan data organisasi kehidupan peserta didik dapat menentukan urutan organisasi kehidupan secara berurutan.

 

Diberikan gambar sel peserta didik dapat menunjukkan nama bagian yang ditunjuk.

 

Diberikan deskripsi  hasil percobaan sel hewan dan sel tumbuhan peserta didik dapat membedakan hasil pengamatan berdasarkan percobaan yang dilakukan

 

Peserta didik dapat menyebutkan karakteristik salah satu jaringan pada hewan

 

Disajikan gambar organisasi kehidupan, peserta didik dapat menentukan ke dalam salah satu  urutan organisasi kehidupan

 

Disajikan gambar salah satu makhluk hidup, peserta didik dapat menentukan organ yang ditunjuk berdasarkan fungsinya

Peserta didik dapat menyebutkan organ-organ dari sebuah system organ.

1

 

 

 

2

 

 

3

 

 

 

4

 

 

5

 

 

 

6

 

 

7

L1

 

 

 

L1

 

 

L3

 

 

 

L1

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

L1

3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut

 

Interaksi Mahkluk hidup dengan lingkungan

 

·           Komponen ekosistem

·           Hal Hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan

·           Interaksi dalam ekosistem Membentuk suatu  pola

·           Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem

·           Dinamika populasi

 

Disajikan data observasi peserta didik dapat menentukan komponen abiotik dan komponen biotik

 

Disajikan gambar rantai makanan, peserta didik dapat menentukan peran masing-masing komponen rantai makanan tersebut

 

Disajikan gambar ekosistem  perairan, peserta didik dapat menganalisis interaksi yang terjadi pada ekosistem tersebut.

 

Disajikan gambar jaring jaring makanan, peserta didik dapat menganalisis kemungkinan yang terjadi pada tingkatan tropik jika adanya gangguan/kepunahan organisme.

 

Disajikan sebuah  informasi, peserta didik dapat menganalisis factor-faktor yang menyebabkan masalah yang terjadi berdasarkan informasi

 

Disajikan gambar interaksi makhluk hidup, peserta didik menentukan jenis interaksi yang terjadi

 

Disajikan grafik hubungan antara jumlah populasi dan waktu, peserta didik dapat menganalisis keadaan populasi pada sebuah ekosistem

8

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

11

 

 

 

 

12

 

 

 

13

 

 

14

 

 

L2

 

 

L1

 

 

 

L3

 

 

 

L3

 

 

 

 

L3

 

 

 

L2

 

 

L3

 

 

3.8   Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

Pencemaran lingkungan

 

·     Pencemaran air

·     Pencemaran udara

·     Pencemaran tanah

 

Disajikan gambar pencemaran udara, peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya pencemaran udara sesuai gambar

 

Peserta didik dapat melakukan upaya pencegahan pencemaran udara berdasarkan peristiwa yang terjadi

 

Disajikan sebuah informasi, peserta didikdapat menganalisis upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut

 

Disajikan data beberapa dampak pencemaran, peserta didik dapat menentukan dampak secara tidak langsung akibat eutropikasi,

 

Peserta didik mampu menentukan prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan 4R

 

Peserta didik dapat menentukan prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dari limbah organikyang berasal dari tubuh manusia.

 

Diberikan gambar yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, peserta didik dapat menganalisis dampak yang akan terjadi.

15

 

 

 

16

 

 

17

 

 

 

18

 

 

 

19

 

 

 

20

 

 

 

21

L2

 

 

 

L2

 

 

L3

 

 

 

L1

 

 

 

L1

 

 

L1

 

 

 

L3

 

3.9    Menganalisis perubahan

            iklim dan dampaknya 

            bagi ekosistem

Perubahan Iklim

·         Pemanasan global

·         PenyebabTerjadinya

Perubahan  iklim

·         Dampak perubahan

Iklim bagi ekosistem

Disajikan data, peserta didik dapat menentukan penyebab pemanasan global

 

Peserta didik dapat menentukan dampak pemanasan global terhadap ekosistem

 

Peserta didik dapat menentukan pencegahan pemanasan global yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari

 

Peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya efek rumah kaca

 

Peserta didik dapat mendeskripsikan usaha alternatif untuk mengatasi peningkatan gas efek rumah kaca

 

Disajikan gambar percobaan, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh tanaman terhadap peningkatan suhu lingkungan

22

 

 

23

 

 

24

 

 

 

25

 

 

26

 

 

27

 

 

 

L1

 

 

L1

 

 

L2

 

 

 

L1

 

 

L1

 

 

L3

 

 

3.10  Menjelaskan

            tindakan

          pengurangan  resiko    

           sebelum, pada saat, 

           dan pasca bencana

            sesuai ancaman 

            bencana di daerahnya

 

 

 

Bencana

·         Gempa bumi dan

tsunami

·         Tindakan tanggap bencana

Peserta didik dapat menentukan langkah yang dilakukan untuk menyelamatkan diri saat terjadinya gempa dan tsunami

 

Disajikan data dampak bencana, peserta didik dapat menentukan dampak dari gunung meletus

 

Peserta didik dapat menentukan program, tujuan, dan tindakan  mitigasi bencana alam

 

Peserta didik dapat menentukan tindakan  langkah penyelamatan pada saat terjadinya gempa bumi

Peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya banjir

 

Peserta didik dapat menetukan bencana alam yang tidak dipengaruhi oleh tindakan manusia

28

 

 

 

29

 

 

30

 

 

31

 

32

 

 

33

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

L1

 

 

L2

 

L2

 

 

L1

 

 3.11  Menganalisis system 

             tata surya, rotasi  dan 

            revolusi bumi, rotasi

            dan revolusi bulan,   

             serta dampaknya bagi  

           kehidupan di bumi

Tata Surya

·         Sistem tata surya

·         Karakteristik anggota tata surya

·         Matahari sebagai bintang

·         Dampak rotasi dan revolusi bumi bagi

kehidupan dibumi

·         Gerhana bulan dan matahari

·         Terjadinya pasang surut air laut

Peserta didik dapat menyebutkan lapisan matahari

 

Peserta didik dapat menentukan urutan  planet dalam system tata surya

 

Disajikan data, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri komet

 

Disajikan beberapa data fenomena alam, peserta didik dapat menentukan fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi

 

Disajikan gambar peredaran bumi mengelilingi matahari, peserta didik dapat menunjukkan perbedaan bagian bumi yang terkena cahaya matahari pada periode-periode tertentu

 

Disajikan gambar posisi  matahari, bumi, dan bulan. Peserta didik dapat menentukan jenis gerhana yang terjadi

 

Disajikan gambar posisi matahari, bumi, dan bulan. Peserta didik dapat menentukan posisi peredaran bulan pada saat terjadinya pasang perbani dan pasang purnama.

34

 

35

 

 

36

 

 

37

 

 

 

38

 

 

 

 

39

 

 

 

40

 

L1

 

L1

 

 

L1

 

 

L1

 

 

 

L2

 

 

 

 

L2

 

 

 

L2

 

 

                                 Keterangan:

                                 Karakteristik soal  pada Level Kognitif           

                                 L1 = Pengetahuan dan Pemahaman

                                 L2 = Aplikasi

                                 L3 = Penalaran

                                

 


23 comments:

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Nama: Nurhikmah sahputri harahap
    Kelas:7b
    Terima kasih atas informasinya pak
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum
    Nama : Chelsy Azzahra Zahira
    Kelas : 7C
    Ket : Hadir
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum
    Nama: Aras gifari tj
    Kelas:7B
    Hadir

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum
    Nama: Al-faiz Bintang Akbar Ramadhan
    Kelas:7c
    Ket:hadir
    Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum
    Nama: Wafa Aziza
    Kelas: 7B
    Hadir
    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum
    Nama Nili Fatil Huda
    Kls 7 a
    Ket Hadir
    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Saya Khalista Sheila Lathifah.
    Dari kelas 7 C.
    Hari/Tanggal: Senin, 31 Mei 2021.
    Terimakasih pak atas kisi-kisinya🙏🏻.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  8. Assalamu'alaikum
    Nama:ivania islami khairunnisa
    Kelas:7A
    Keterangan:hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum
    Nama:M.Arkhan CF
    Kelas:7C
    Keterangan Hadir
    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum
    Nama: Azarine Elfrida Shakila
    kelas:7C
    Ket: Hadir
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum
    Nama: Azarine Elvina Alesha
    Kelas:7C
    Ket: Hadir
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum
    Nama:Moza Suci Ramadhania
    Kelas:7B
    hadir

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum,
    Nama:Kayla Assyfa Listhon
    Kelas:7C
    Keterangan:hadir
    Terima kasih pak.
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum Wr Wb
    Nama:Razan Naufal
    Kelas:7A
    Ket:Hadir
    Wassalamualaikum Wr Wb

    ReplyDelete
  15. Asalamualaikum
    Nama:Aditya putra pratama
    Kelas:7A
    Keterangan:hadir
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum
    Nama :Clarysta Nur Athifa
    Kelas:7A
    Ket.Hadir
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum
    Nama:Glessya Gendis Aurell
    Kelas:7A
    Ket:Hadir
    Terimakasih

    ReplyDelete
  18. assalamu'alaikum
    nama : Nadia Saputri
    kelas : 7A
    terima kasih pak atas materinya🙏🏻
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  19. Assalamualaikum
    Nama : Muhammad Yusuf Isa
    Kelas: 7B
    Terima kasih atas kisi kisinya

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum
    wardah nurmala 7a
    hadir
    wassalamualaikum

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum
    Nama:Rafael Ramadhan Rafi Nugraha
    Kelas:7B
    Hadir

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum
    Nama:Rasya Alifa rizkia
    Kelas:7A
    Ket:Hadir

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum
    Nama faishal Wibowo
    Kelas 7B
    Keterangan hadir
    Terima kasih wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete