Senin , 26 Juli 2021
Mapel IPA
Kelas 7A
KD. 3.1 Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)
Tujuan Pembelajaran: 1. Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan peserta didik mampu
· Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
·
Menjelaskan kegunaan
mempelajari IPA
· Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA
Assalaaamu'alaikum wrwb. Siswa/siswi yang dirahmati Allooh, pembelajaran kita yang pertama adalah Obyek IPA dan Pengamatannya. Pada bagian yang pertama ini kita akan mempelajari tentang Penyelidikan IPA. Silahkan simak uraian berikut dan silahkan jawab pertanyaan yang ada dibagian akhir dari uraian ini. Jika ada yang blm bisa difahami silahkan ditanyakan di no bapak via WA saja. ini no WA bapak 082280255410.
Penyelidikan IPA
Apa yang dimaksud dengan penyelidikan IPA?
Penyelidikan IPA adalah bagaimana cara melakukan pengamatan dan mempelajari pengukuran sebagai bagian dari pengamatan. Langkah awal untuk mempelajari benda-benda di sekitar kita dapat dilakukan melalui pengamatan (observasi). Menurut KBBI, obervasi adalah peninjauan secara cermat. Mengobservasi adalah mengawasi dengan teliti atau mengamati. Keterampilan melakukan pengamatan dan mencoba menemukan hubungan-hubungan yang diamati secara sistematis sangat penting. Dengan keterampilan ini, kamu bisa mengetahui cara mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan. Keterampilan ini adalah keterampilan belajar sepanjang hayat yang bisa digunakan untuk mempelajari berbagai ilmu, serta dalam kehidupan sehari-hari.
Manfaat Belajar IPA
Apa saja kegunaan mempelajari IPA? Kegunaan belajar IPA antara lain membuat kamu mampu untuk:
1. Memahami berbagai hal di sekitar kita. Contoh, mengapa matahari bersinar, apa itu bulan, mengapa bintang bersinar di malam hari, dan lain-lain;
2. Berpikir logis dan sistematis. Contoh, jika menemukan suatu data, apa kesimpulannya;
3. Menyelesaikan masalah. Contoh, bagaimana mendapatkan air bersih dari air keruh;
4. Meningkatkan kualitas hidup. Contoh, apakah bunga yang ditanam akan tumbuh.
Obyek IPA
Obyek IPA Obyek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya. Obyek tersebut dapat berupa benda yang sangat kecil (renik), contoh bakteri, virus, partikel penyusun atom; juga benda-benda berukuran sangat besar seperti lautan, bumi, matahari, bulan hingga alam semesta.
Penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuan-pengetahuan tersebut digolongkan menjadi empat, yaitu:
a. Fisika: mempelajari tentang aspek mendasar alam, misal materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lain;
b. Kimia: meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat;
c. Biologi: mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai lingkungan yang sangat luas;
d. Ilmu Bumi dan Antariksa: mempelajari asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.
Proses penyelidikan IPA Tahapan penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses. Berikut ini langkah-langkah penyelidikan IPA, yaitu:
1.Pengamatan
Pengamatan menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran de ngan alat ukur
yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi.
2.Membuat inferensi
Yaitu merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk
menemukan pola-pola atau hubungan antaraspek yang diamati dan membuat perkiraan.
3. Mengomunikasikan
Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan maupun tulisan. Hal yang
dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan
gambar yang relevan.
https://www.youtube.com/watch?v=5b540aiWHBU
Assalamualaikum pak salam kenal
ReplyDeleteNama: Raditya Dimas satriando
Kelas: 7C
No. Absen: 22
Terimakasih atas materi dan tugasnya hari ini.
Assalamualaikum
ReplyDeleteNama:M.Rayhan abdi
Kelas:7D
No absen:16
asslamualaikum
ReplyDeleteNama : M. Vido Nabil Arkana
Kelas : 7D
NO Absen : 22
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama: Atikah Balqis Azizah
Kelas: 7D
No absen: 03
Keterangan: hadir
Wassalamu'alaikum wr.wb
Terimakasih
Assalamu'alaikum
ReplyDeleteNama:Fariz Adyatma Mustopa
Kelas:7D
Absen:05
Ket:hadir
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAssalamualaikum pak
ReplyDeleteNama: Febian Ar Rahman Arief
Kelas: 7D
Ket: Hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama:Mona Aulia
Kls:7D
Absen:15
Ket:hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama: Namira Zulaikha PL
Kelas: 7D
Ket: Hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama:Raden chesta abyakta prayoga
Kelas:7c
No.absen:21
Ket:hadir
Assalamualaikum
ReplyDeleteNama: Farros Aisy Raudho
Kelas:7D
No absen:6
Asalamualaikum
ReplyDeleteNama habibi nafiu rachaman
Kelas 7d
No absen 8
Assalamualaikum
ReplyDeleteNama:kirana Tungga Dewi
Kelas:7D
No absen:11
Assalammualikum Pak
ReplyDeleteNama: Rendy Cahya Andriyansyach
Kls: 7D
Absen: 20
Ket: Hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama:Viona Oktapuri
Kls:7C
Absen:24
Ket:hadir
Assalamualaikum
ReplyDeleteNama:Siti Khaira Aimee Andhya
Kelas:7D
Ket:hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeletenama:pebri hanafi
kelas:7d
ket:hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama : Aisha Valeria Sakhi
Kelas : 7D
Ket : Hadir
Assalamualaikum
ReplyDeleteNama :callysta faiha putri sunandar
Kelas 7c
Ket:hadir
Assalamualaikum pak
ReplyDeleteNama:Muhammad Faiz Al Aziiz
Kelas:7D
Absen:12
Ket:Hadir