BAHAN
AJAR
Mata Pelajran : IPA
Kelas :
9
SK :
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
Jam Pertemuan
|
KD/Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Langkah2
apembelajaran
|
Sumber
Pembelajaran
|
Intrumen
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
|
2.1 Mengidentifikasi
kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan
perkembangbiakan
· Mengaitkan
perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
· Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
· Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan
seleksi alam
· Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
·
Mendiskripsikan cara
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
1. Siswa dapat
menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.
2.Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
adaptasi pada makhluk hidup.
3. Siswa dapat
menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4. Siswa
dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.
|
o Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi, seleksi alam, dan
perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup
o Melihat
peristiwa mekanisme adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya
dengan kelangsungan hidup mahluk hidup melalui video/film
o Mencari
informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan
tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup
|
Buku siswa, buku referensi
lain,
torso, ppt sistem eksresi,
vidio pembelajaran, gambar ,dsb
|
·
Untuk menjaga kelangsungan
hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan .....
a. hibernasi
b. reproduksi
c. adaptasi
d. toleransi
·
Badak bercula satu hampir punah
karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ....
· Selanjutnya
terlampir
|
4x 40’
|
|
|
2.2
Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
· Mendiskripsikan
materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
· Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
|
1. Siswa dpt menjelaskan konsep
reproduksi vegetatif dan generatif.
2. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi vegetatip pada
tumbuhan dan hewan.
3. Siswa dapat mwmbandingkan
cara reproduksi vegetatif pada tumbuhan dan hewan
4. Siswa dpt menjelaskan konsep
kromosom dan pembelahan sel
5. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan.
6. Siswa dapat mwmbandingkan cara reproduksi
generatif pada tumbuhan dan hewan
|
o Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik
gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya
o Merumuskan
sifat gen dan kromosom
|
Buku siswa, buku referensi
lain,
torso, ppt sistem eksresi, vidio
pembelajaran, gambar ,dsb
|
|
4X 40’
|
|
|
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta
penerapannya
· Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·
menentukan rasio hasil persilangan persilangan
monohibrida dan dihibrida melalui bagan
|
1.Siswa dapat menyejdaan sifat yang
ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya.
2. 2. Siswa dapat menjelaskan
persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda atau lebih.
3. Siswa
dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses
pewarisan sifat pada mahluk hidup
o
Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang
terjadi dalam pewarisan sifat pada mahluk hidup
|
Buku siswa, buku referensi
lain,
torso, ppt sistem eksresi,
vidio pembelajaran, gambar ,dsb
|
Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ....
·
Organisme yang bergenotif BB di
silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya
hingga F2!
|
4 X 40’
|
|
|
2.4 Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
melalui produksi pangan
·
Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·
Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi
dalam produksi pangan
·
Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan
modern di lingkungan sekitarnya
·
Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari
buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)
|
1. Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam
upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
2. Siswa dapat
menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3. Siswa dapat
menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
4. Siswa dapat
menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi
pangan.
|
o Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat
bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia
o Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi
dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia
o Mencari
informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang
konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan
o Melakukan
observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern
yang dipakai di lingkungan rumah tangga
|
Buku siswa, buku referensi
lain,
torso, ppt sistem eksresi,
vidio pembelajaran, gambar ,dsb
|
·
Definisikan pengertian
bioteknologi!
·
Kemukakan minimal dua
keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·
Lakukanlah survey dilingkungan
sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan
laporkan hasilnya
·
Rencanakan dan lakukan
pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya
|
4 X
40’
|
|
Bandar Lampung, Agustus 2019
Mengetahui,
Kepala SMP Al Azhar 1
Guru
Mapel IPA
Yulian
Wilyanus, S.Ag
N a s i p, S.T.P
No comments:
Post a Comment