Wednesday, August 21, 2019

Materi Ajar SK.2 Memahami Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup



BAHAN AJAR

Mata Pelajran : IPA
Kelas               : 9
SK                   : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Jam Pertemuan
KD/Indikator Pencapaian Kompetensi
Tujuan Pembelajaran
Langkah2 apembelajaran
Sumber Pembelajaran
Intrumen Penilaian
Alokasi Waktu
Ket

2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
·   Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
·   Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
·   Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
·   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
·   Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan


    

1.      Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
2.              2.Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
3.      Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
4.    Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.


o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup
o Melihat peristiwa mekanisme adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup melalui video/film
o Mencari informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup








Buku siswa, buku referensi lain, torso, ppt sistem eksresi, vidio pembelajaran, gambar ,dsb
·   Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan .....
a. hibernasi
b. reproduksi
c.  adaptasi
d. toleransi
·   Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ....
·   Selanjutnya terlampir













4x 40’


2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

·   Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
·   Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat

1. Siswa dpt menjelaskan konsep reproduksi vegetatif dan generatif.
2. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi vegetatip pada tumbuhan dan hewan.
3. Siswa dapat mwmbandingkan cara reproduksi vegetatif pada tumbuhan dan hewan
4. Siswa dpt menjelaskan konsep kromosom dan pembelahan sel
5. Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi generatip pada tumbuhan dan hewan.
6. Siswa dapat mwmbandingkan cara reproduksi generatif pada tumbuhan dan hewan

o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya 
o Merumuskan sifat gen dan kromosom




Buku siswa, buku referensi lain, torso, ppt sistem eksresi, vidio pembelajaran, gambar ,dsb






4X 40’




2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
·   Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·   menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan





1.Siswa dapat menyejdaan sifat yang ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya.
2.     2.             Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda atau lebih.
3.         Siswa dapat menjelaskan hasil persilangan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari



Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada mahluk hidup
o  
Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam pewarisan sifat pada mahluk hidup





Buku siswa, buku referensi lain, torso, ppt sistem eksresi, vidio pembelajaran, gambar ,dsb


Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ....
·   Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!






4 X 40’


2.4 Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

·   Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·   Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
·   Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
·   Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)

1.   Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.
2.   Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3.   Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses bioteknologi pangan
4.   Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung peningkatan produksi pangan.

o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan
o Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di lingkungan rumah tangga







Buku siswa, buku referensi lain, torso, ppt sistem eksresi, vidio pembelajaran, gambar ,dsb
·   Definisikan pengertian bioteknologi!
·   Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·   Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
·   Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya









4 X 40’

                                                                                                                                                                                                                         Bandar Lampung,  Agustus  2019
Mengetahui,
Kepala SMP Al Azhar 1                                                                                                                                                             Guru Mapel  IPA


 Yulian Wilyanus, S.Ag                                                                                                                                                                                  N a s i p, S.T.P

No comments:

Post a Comment